Diduga Penanaman Pohon Dilahan Area Stadion Pakansari Tidak Sesuai Peruntukan

suaranews.net Kabupaten Bogor, Diduga penanaman ratusan pohon di area Stadion Pakansari, Cibinong pada (04/08/2023) oleh Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) karena tidak sesuai peruntukannya. Dimana menurut kabar dilapangan seharusnya lahan tersebut untuk pembangunan Masjid bukan pembangunan/penanaman pohon.

Sedangkan antusias seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang hadir untuk menanam dengan memberikan nama di Masing-masing pohon agar diketahui oleh banyak elemen masyarakat bila Pemerintah Kabupaten Bogor sudah berkerja, namun dugaan yang ada dilapangan lahan tersebut harusnya untuk pembangunan Masjid bukan pohon.

Sedangkan waktu saat acara penanaman Plt Bupati Kabupaten Bogor Iwan Setiawan, ratusan pohon di area Stadion Pakansari, Cibinong ini untuk menata PKL dan wahana hiburan namun mereka balik lagi, agar tak terlihat kumuh, pasca ditertibkan maka kami sepakat lahan seluas 1,5 hektare ini hasil sumbangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun organisasi Perangkat Daerah (OPD) ditanami aneka pohon. “Ucap Plt Iwan Setiawan.

Tambahnya lagi Plt, Ratusan pohon ini atau 850 batang pohon adalah sumbangan dari Kadis, Camat dan lainnya pun nanti kita bersama-sama menjaga kelestarian pohon-pohon. Pohon yang ditanam disini, harganya mahal, misalnya Rp 500 ribuan.

Namun karena ramainya perbincangan tentang lahan penanaman pohon tersebut konon sampai adanya dugaan tidak sesuai peruntukan dengan itu mencoba meminta keterangan dari DPRD Kabupaten Bogor selaku pengawas dan pengetuk anggaran.

Saat Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, Selasa 22/08/2023, ditanyakan tentang hal diatas justru dirinya pun terkejut kok bisa untuk penanaman pohon karena lahan tersebut dimana sebelumnya dipakai PKL untuk mencari nafkah sesuai dengan site plan nya adalah untuk pembangunan Masjid. Konon kabarnya harga tanaman tersebut Rp 500 ribu perbatang.

“Sedangkan Masjid sangat diperlukan untuk para pengunjung juga para perkerja pemerintahan di area stadion Pakansari agar pada waktunya sholat sudah tidak bingung lagi mencari cari masjid. Konon bila ada event besar sebagai pusat kegiatan olah raga pasti saat acara sepak bola nasional-internasional akan ada ribuan penonton sepak bola dan saat mereka yang ingin sholat tidak lagi jauh jauh mencari keluar area Pakansari”

Tambahnya Rudy Susmanto, menganggap bahwa perencanaan pembangunan di Kabupaten Bogor tidak dilakukan secara baik karena tidak sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sehingga bisa dengan semudah itu tidak melihat sesuai peruntukannya yang Jelas-jelas site plan nya sudah ada. Jadi sayang sekali kalau tanaman yang mahal harganya harus ditebang kalau nanti jadi dibangun Masjid, apalagi saat ini memasuki musim kemarau jika tanaman pohon tersebut mayoritas atau banyak yang mati karena kurang pupuk atau disiram. “Pungkas Rudy Susmanto Ketua DPRD Kabupaten.

Maka dengan tegas meminta kepada Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan yang sudah definitif segera menyiapkan anggaran untuk pembangunan Masjid di lahan tersebut. Rudy Susmanto juga mengaku siap menyetujui program kerja tersebut, begitupun DPRD Kabupaten Bogor siap menyetujui anggaran pembangunan masjid tersebut. Jadi mari kita wujudkan salah satu visi misi Bupati Bogor, yaitu Bogor Berkeadaban. “Tegas Rudy Susmanto yang juga Wasekjen DPP Partai Gerindra.

 

/Tim Iki Gond

1 thought on “Diduga Penanaman Pohon Dilahan Area Stadion Pakansari Tidak Sesuai Peruntukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *